fbpx

Penghambat Kesuksesan Yang Wajib Anda Hindari

Hallo Sobat KangRidwan.NET, sudah seringkah Anda mengevaluasi bisnis Anda?
Lakukan perbaikan diri dalam bisnis Anda, jangan sampai Anda membiarkan kesalahan-kesalahan kecil dalam bisnis sehingga bisa menghambat goal atau tujuan besar Anda. Maka membaca artikel ini adalah hal terbaik karene Anda akan tau Penghambat Kesuksesan Yang Wajib Anda Hindari.

Bisnis yang sukses tidak terjadi begitu saja dan tiba-tiba, sekonyong-konyong sukses. Mereka sukses karena ada hal-hal kecil yang dijalankan secara konsisten. Secara bertahap, dan terus menerus.

Seumpa Anda adalah seorang petani, Anda harus menanam benih, memupuknya setiap hari, memberikan air sedikit demi sedikit. Sehingga ketika dikumpulkan antara investasi waktu dan energi, Anda bisa menikmati hasil panen yang berlimpah ruah.

Namun untuk melakukan hal kecil ini banyak pebisnis di luar sana mengharapkan yang instan.

Ketika kita mengharapkan sesuatu yang instan, bisa jadi saat kita melakukan sesuatu yang besar, investasi besar-besaran tetapi ternyata kegagalannya bukan disebabkan oleh faktor yang besar. Kegagalannya justru dikarenakan oleh hal-hal kecil, sederhana dan sesuatu yang tidak terpikirkan.

Ada satu cerita menarik, ketika pesawat ulang alik berangkat ke luar angkasa, tepatnya ke bulan. Kemudian saat sampai di bulan, ternyata mereka menggunakan pena yang tidak anti gravitasi.
Pada saat mereka menggunakan pena untuk dituliskan, tintanya keluar dan tidak bisa menempel di atas kertas. Asalkan Anda tahu bahwa mereka menginvestasikan waktu dan uang yang cukup besar untuk menemukan pena yang cocok agar bisa menulis di antariksa.

Lalu singkat cerita ada orang Rusia menemukan sebuah penemuan yang luar biasa. Penemuannya apa? Mereka tidak membawa pena tetapi membawa pensil.

Nah, bisa jadi kesalahan-kesalahan kecil seperti ini bisa mengakibatkan kegagalan dalam bisnis. Entah karena bisnisnya terhambat atau bahkan bangkrut.

Lantas, apa saja hal-hal kecil yang mungkin awalnya bukan sebuah persoalan tetapi ternyata itu adalah permasalahan yang cukup besar.
Simak yuk..

1. Tidak Yakin Bisnis Bisa Bertahan Lama

Kesalahan pertama saat kita membangun sebuah bisnis adalah tidak yakin. Biasanya secara tidak sadar dalam diri kita sudah membuat pernyataan kecil tetapi efeknya sangatlah besar dan menghambat bisnis Anda untuk berkembang.

Bisnis saya bisa bertahan nggak ya?
Bagaimana kalau akhirnya bisnis saya dijiplak orang dan ternyata lebih baik dari yang saya tawarkan sekarang?

Mungkin banyak orang di luar sana pernah berpikiran sama.

Hal pertama yang harus kita ingat bahwa tidak ada masa depan yang bisa kita ramalkan. Bahkan kalau Anda melihat Samsung atau Apple yang notabennya adalah teknologi yang canggih tidak pernah tahu sampai kapan bisnisnya akan berjalan.

Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, Anda tidak dapat merencanakan masa depan Anda.

Pasti Anda sering dengar kutipan Almarhum Bob Sadino yang mengatakan kepada kita bahwa, “Bisnis yang bagus adalah yang dijalankan, bukan yang dipikirkan terus menerus.”

Apabila Anda tidak yakin, jalankan dulu selama Anda sudah memperhitungkan peluang dan strategi bisnis. Tidak akan ada orang sukses yang tahu bagaimana masa depannya tetapi mereka menjalaninya dengan penuh keyakinan.

Percaya pada diri Anda sendiri adalah tindakan yang membutuhkan penegasan diri dan keyakinan terhadap diri sendiri di masa kini.
Anda tidak akan siap untuk menghadapi setiap tantangan di masa depan jika Anda selalu merendahkan diri Anda dan tidak percaya terhadap diri Anda sendiri.

Sukses bukanlah hasil akhir. Kesuksesan adalah hal yang Anda temukan ketika Anda bergerak sesuai dengan visi Anda dengan memiliki keyakinan pada diri sendiri.

Anda dapat memetakan masa depan Anda dengan jelas dan bijaksana hanya ketika Anda mengenal diri sendiri, menerima diri sendiri, dan percaya pada diri sendiri.

Itulah kenapa kita harus membuat strategi dan perencanaan yang baik dalam menjalankan bisnis.

Kalau Anda masih fokus terhadap rasa takut, justru akan menjadi penghambat bisnis Anda.

Ingat, Masalah hasil, biarkan Tuhan yang menentukan. Tugas seorang pebisnis adalah berusaha sekuat tenaga dan merencanakan masa depan bisnisnya.

2. Tidak Bertindak

Berbicara itu mudah. Anda akan sangat mudah untuk mengatakan hal yang menjadi tujuan dan impian Anda, namun menindaklanjuti adalah langkah yang sangat penting.
Jika Anda gagal menindaklanjuti, apa pun alasannya, Anda cenderung menghalangi dan bahkan merusak kesuksesan Anda.

Karakter dibangun dari setiap hal-hal sederhana yang Anda lakukan dalam hidup Anda. Mulailah untuk melatih diri Anda dalam melalui hal-hal sederhana seperti menepati janji dan bertanggung jawab.
Ketika Anda melatih diri Anda, Anda akan terbiasa dengan hal-hal baik yang membawa Anda berjalan dalam setiap rencana-rencana yang Anda tentukan. Ingatlah kesuksesan bukanlah sebuah ucapan belaka. Itu membutuhkan tindakan nyata yang konsisten.

3. Melakukan Semua Hal Sendirian

Hal kecil yang sering dilakukan lagi adalah melakukan semua hal sendirian. Manajer bekerja sendirian, tim bekerja sendiri-sendiri atau bahkan tidak pernah mau menerima bantuan dari orang lain. Hal ini mungkin terjadi karena Anda terlalu bersemangat, percaya diri, gegabah dan akhirnya melakukan tindakan yang mungkin menurut Anda baik tetapi 100% tidak, apabila dilakukan sendirian.

Dalam membangun bisnis atau membuat sebuah produk, Anda tidak akan pernah bisa melakukannya sendirian, walaupun Anda punya keahlian di dalamnya.
Perlu diingat lagi, bahwa manusia mempunyai kapabilitas dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

Ingat! Kamu bukan Superman!
Superman saja butuh tim, bersama Batman dan kawan-kawannya.

So, apa yang bisa Anda lakukan?

Anda butuh bantuan orang lain untuk mewujudkan impian bisnis Anda. Hal itu bisa dicapai dengan memiliki bisnis mitra, tim yang solid atau Anda dapat menghadirkan pelatih untuk membantu memecahkan masalah dalam bisnis Anda.
Apabila hal kecil ini dapat Anda lakukan, maka sesuatu yang menghambat bisnis Anda akan terselesaikan.

4. Tidak Jujur terhadap Diri Sendiri

Jika Anda ingin menjadi orang yang sukses, Anda Harus jujur ​​terhadap diri sendiri.
Ini adalah sebuah proses yang paling penting. Anda harus memahami dan kelemahan Anda sendiri. Seseorang dapat bertumbuh melalui bakat, keterampilan, dan pengalaman hanya jika ia dapat memenuhi hidup dengan jujur. Di sinilah karakter dibangun dan kesuksesan dibudidayakan.

Ada banyak prinsip dan keyakinan yang dapat kita miliki, tetapi yang paling berharga adalah kejujuran. Saat Anda mampu untuk membuktikan jujur ​​terhadap diri Anda sendiri, Anda sedang membangun dasar karakter kedewasaan.

Ingatlah bahwa karakter akan lebih mudah untuk tetap dipertahankan. Anda harus menjadi orang yang selalu melakukan hal yang benar, dimulai dari diri sendiri, kemudian untuk orang lain. Kejujuran dan karakter sangat penting untuk sukses dalam bidang kehidupan apa pun.

Tetaplah konsisten untuk melatih diri Anda memiliki karakter-karakter yang baik sehingga Anda tidak akan pernah melewatkan setiap kesuksesan yang merupakan milik Anda.

5. Takut Rugi

Semua orang pasti pernah merasakan takut rugi, bangkrut, gulung tikar, pailit dalam menjalankan bisnis. Permasalahannya adalah masuknya perasaan takut tersebut apa yang akan terjadi?
Ya, Anda akan merasa tidak nyaman, khawatir, dan akhirnya pada saat menjalankan bisnis Anda terlihat kaku, tertekan, ngegas, kolot dan tidak bahagia.

Pertanyaannya adalah apakah bisnis yang dikendalikan oleh rasa takut akan berkembang?

Menurut saya pribadi hal ini akan sangat sulit. Apakah Steve Jobs dulu tidak takut rugi ketika ingin memulai membuat Apple? Apakah pengusaha-pengusaha lainnya juga tidak takut rugi? Saya rasa semuanya merasakan rasa takut akan kerugian dan adalah hal yang sangat alami.

Saya ingin bertanya kepada Anda, kira-kira apa yang membedakan antara pemenang dan pecundang? Keberanian.
Ya, seseorang yang memiliki keberanian untuk memulai, merencanakan, dan kemudian melakukan sesuatu dengan optimis. Inilah seorang pemenang.

Bagaimana pun hasil akhirnya dia tetap adalah seorang pemenang karena dia berani untuk mengambil risiko dan mau untuk segera melakukan sesuatu, atau pun jika bisnisnya gagal, mereka akan cepat melakukan introspeksi diri.

Jangan biarkan Anda mengabaikan hal-hal kecil, lalu kemudian membuat hal-hal kecil itu menjadi besar dan menjadi Penghambat Bisnis Anda. Bahkan kalau perlu, jangan membiarkan kesakahan-kesalahan kecil di bisnis Anda.

Ingat, jika banyak kesalahan kecil di bisnis Anda ketika dikumpulkan akan menjadi sangat-sangat besar.

Pesan Ini dipersembahkan oleh
Muslim Entrepreneur University melalui Agen Ridwan Setiawan

Leave a Comment