fbpx

Cara Membuat Toko Online Keren Abis, Gratis, Langsung di Whatsapp Bisnis

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin cepat, manusia dihadapkan pada segala sesuatu yang serba cepat dan mudah. Seperti halnya dalam media bertukar informasi atau chating, berbagai platform bermunculan menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam menggunakannya. Salah satrunya adalah Whatsap. Whatsapp sekarang menjadi aplikasi pesan instan.chating yang paling populer di dunia dengan penggunanya mencapai milyaran orang.

Dengan fakta diatas, apa yang bisa Anda Peroleh?

Pastinya Potensi calon pembeli sangat besar, Mudah melakukan Promosi dan Follow Up, Ptensi Pesan dibaca sangat tinggi dan yang lebih enak adalah mendapatkan Data Customer (Database).

Di Indonesia sendiri, Whatsapp sudah menjadi sebuah aplikasi yang “WAJIB” ada atau terinstall di ponsel. Baik yang berbasis Android ataupun IOS. Kemudahan dalam menggunakan dan mengoperasikannya maka Whatsapp benar-benar banyak penggunanya. Bahkan lebih dari 150 juta+ pengguna Whatsapp di Indonesia.

Seiring dengan banyaknya pengguna, maka Whatsapp pun menjadi ladang yang menggiurkan dalam membangun bisnis. Bukan saja untuk aplikasi chatingan saja, namun whatsapp sekarang sudah menjadi lahan untuk transaksi online atau jual beli secara online.

Dengan potensi yang sangat luar biasa untuk bisnis, maka Whatsapp pun memberikan solusi terbaik yaitu  mengeluarkan versi lain dan khusus untuk mendukung kegiatan bisnis, yaitu Whatsapp Business. WA Business ini sudah sangat memudahkan penggunanya dalama melakukan aktivitas bisnis, seperti pengaturan alamat toko, mengatus jam kerja, membuat balasan cepat, membuat balasan otomatis, memisahkan kustomer dengan label, hingga statistik.

Toko Online Gratis Langsung di Whatsapp Business

Karen ingin memudahkan penggunanya, Whatsapp Business pun pada bulan Oktober 2019 mengeluarkan Fitur Terbarunya yaitu Katalog (Toko Online). Fitur ini sangat bermanfaat untuk para Pebisnis Online, karena dengan fitur ini bisa membuat Toko Online Keren Abis Langsung di Whatsaap Business.

Luar biasanya lagi, Anda bisa Membuat Toko Online Keren Abis, GRATIS, Langsung di Whatsapp Business dengan fitur Katalog ini. Bukan hanya itu saja, Whatsapp sangat memperhatikan tampilannya sehingga fitur Katalog ini sangat menggoda dan Elegan. Anda sebagai para pebisnis seyogyanya patut berterima kasih pada Whatsapp yang telah merilis fitur katalog yang layaknya Toko Online ini.

Kini bagi Anda yang belum bisa menggunakan Hosting dan Domain karena terkendala budget serta kerumitan setting toko online, maka gunakanlah fitur kataloh di Whatsapp Business saja. Aktivitas bisnis atau jualan Anda akan mudah, cepat dan nyaman.

Ini seiring dengan kebiasaaan (behavior) orang Indonesia yang lebih suka membeli produk langsung menghubungi personal via Whatapp dari pada via ATC (Add To Cart) yang ada di website toko online. Fitur Katalog ini benar-benar sangat bermanfaat pagi pebisnis online untuk membuat toko online gratis di Whatsapp Business

Bagaimana Cara Membuat Toko Online Keren Abis, GRATIS, Langsung di Whatsapp Business ?

Oke sabar dulu ya. Sebelum Akang jelaskan Cara Membuat Toko Online Keren Abis Gratis Langsung di Whatsapp Business, yang paling penting adalah pastikan dulu fitur Katalog sudah ada di Whatsapp Business Anda. Jika belum, silakan Anda update dulu aplikasi Whatsapp Business-nya agar fitur katalog bisa Muncul dan Aktif.

Tutorial Cara Membuat Toko Online Keren Abis, GRATIS, Langsung di Whatsapp Business ?

Nah mari kita mulai belajar cara membuat toko online di Whatsapp Business. Yuuuuk kita Mulai… Letsssss Goooooo !

1. Buka Settings/Setelan di Whatssapp Business Anda

Nah langkah pertama adalah silakan Anda masuk ke Aplikasi Whatsapp Business, lalu Klik tanda “Titik Tiga” di pojok kanan atas. Kemudian pilih menu Settings/Setelan seperti gambar dibawah ini.

2. Masuk atau Klik menu Setelan Bisnis

Langkah kedua, silakan Anda klik menu Setelan Bisnis seperti gambar dibawah ini.

3. Masuk atau Klik Menu Katalog

Langkah ketigam silakan Anda klik menu Katalog seperti gambar dibawah ini.

4. klik Tanda “+” (plus) di pokok kanan bawah.

Langkah keempat silakan Anda klik tanda plus dipojok kanan bawah yang fungsinya untuk menambahkan produk.

5. Isi Form untuk Produk

Langkah kelima silakan Anda isi form tambah produk dengan data produk yang ingin Anda masukan.

Nah silakan tambahkan poto/gambar produk Anda, nama produk, harga, deskripsi sampai dengan link atau tautan produk.

Poto Produk bisa Anda isi lebih dari satu gambar ya.

Nama produk atau layanan = Isi dengan nama Produk/Layanan Anda

Harga Rp (Opsional) = isi dengan harga produk Anda. Pengisian tanpa titik ya misal 100.000 ditulisnya 100000, oke. Sebenarnya ini opsional mau isi atau enggak terserah Anda.

Deskripsi = Isi dengan deskripsi atau penjelasan tentang produk Anda

Tautan = Ini diisi dengan link website atau landingpage dari produk Anda, jika belum punya bisa dikosongkan.

Kode Produk atau Layanan = Ini isi dengan kode produk terserah Anda.

6. SIMPAN

Langkah keenam atau terakhir ini adalah Simpan. Selesai !.

Nah lakukan cara yang sama seperti diatas untuk menambahkan katalog produk Anda yang lain

 

Berikut contoh tampilan toko online/katalog yang sudah berisi beberapa produk.

 

Cara Mempromosikan Produk di Toko Online Whatsapp Business

Oke jika toko online di Whatsappa business nya sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah membagikan atau mempromosikan produknya. Kenapa harus promosi? Ya karena kalau tidak promosi tidaka akan mendatangkan sales/penjulan, tidak ada penjualan maka tidak akan ada keuntungan/profit pastinya. Oleh sebab itu, mempromosikan produk hal yang wajib bagi pebisnis online.

Nah berikut cara untuk mempromosikan produk toko online di Whatsapp Business ke akun Personal ataupun ke Goup Whatsapp :

1. Pilih Tujuan Promosi.

Dalam hal ini Anda pilih mau mempromosikan produknya ke akun personal atau ke group Whatsapp.

2. Klik Icon Lampian File, Kemudian Klik Icon Katalog.

3. Pilih Produk yang ingin Anda Promosikan

4. Klik Icon Kirim

Klik Icon kirim yang ada di pojok kanan Bawah, sehingga produk Anda akan terkirim ke nomor Whatsapp atau Group Whatsaap.

Nah begitulah cara mempromosikan dan membagikan produk di katalog atau toko online di Whatsapp Business.

Gambar dibawah ini adalah tampilan produk yang dibagikan ke akun Whatsapp tujuan

Berikut ini tampilan produk yang dibagikan di akun WA tujuan.

Gambar dibawah ini adalah tampilan saat produk yang dibagikan di buka oleh kustomer atau calon buyer Anda.

Kesimpulan

Whatsapp Business menyediakan banyak fitur yang mampu membantu mengoptimalkan bisnis Anda seperti pengaturan alamat toko, mengatus jam kerja, membuat balasan cepat, membuat balasan otomatis, memisahkan kustomer dengan label, hingga statistik.

Apalagi update an terbaru sekarang yaitu munculnya fitur katalog yang mampu membuat layaknya toko online di Whatsapp.  Ini fitur yang sangat luar biasa yang perlu Anda optimalkan agar Bisnisnya mampu berkembang dan menghasilkan.

Alhamdulillah…

Rupanya sekian dulu ya tutorial Cara Membuat Toko Online Keren Abis, Gratis di Whatsapp Business. Selanjutnya adalah silakan Anda praktekan sehingga mampu mengoptimalkan bisnis Anda. Semoga bermanfaat ya tutorial yang Akang berikan kepada Anda dan jangan lupa nantikan Tips and Trik yang lainnya di Blog ini.

Boleh silakan SHARE Artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk khalayak ramai. Komentar Anda pun sangat saya nantikan untuk perbaikan ke depannya.

Terima Kasih.

 

 

 

2 thoughts on “Cara Membuat Toko Online Keren Abis, Gratis, Langsung di Whatsapp Bisnis”

Leave a Comment

%d bloggers like this: